Langsung ke konten utama

Cara Membuat Lek Tau Suan Simple dan Mudah

Resep dan Cara Membuat Lek Tau Suan Simple dan Mudah

cara membuat lek tau suan

Cara membuat lek tau suan - Lek tau suan adalah salah saatu makanan yang popular dikota Pontianak. Sajiannya berkuah yang terbuat dari tepung tapioca yang dicamur dengan gula dan daun pandan ini dihidangkan dengan cakwe. Diulas dari ksm.com lek tau suan (bahasa tionghoa dialek tio ciu, yang jika diartikan adalah butiran mutiara kacang hijau). Mungkin hal ini mengacu pada tampilannya yang berbiji – biji dan nampak berkilau seperti mutiara ketika tertimpa sinar teranag. Biasanya anda dapat menemukan lek tau suan ini di sepanjang jalan gajah mada, Pontianak.

Baca juga : Cara Membuat Dimsum Ayam Enak dan Mudah

Lek tau suan ini terbuat dari berbahan dasar kacang hijau yang kulitnya sudah dikupas dan dimasak dengan kuah kental bening terbuat dari tepung tapioka lalu dicampurkan dengan gula dan pandan agar aromanya sempurna. Saat mencicipinya, kuah kental manisnya begitu terasa. Sedangkan jika dicampurkan dengan cakwe garing memberikan rasa tersendiri saat dikunyah, berbeda dengan cakwe lainnya yang teskturnya yang kental dan lembek.

Baca juga : Cara Membuat Lemang Ketan Putih

Kandungan yang terdapat pada lek tau suan

Menyantap seporsi lek tau suan yang disajikan  kacang hijau, memiliki kaya akan manfaat karena terkandung pada kacang hijau itu sendiri seperti asupan yang diperoeh adalah vitamin, serat, protein, lemak yang rendah, omega 3, karbohidrat, mineral dan juga antioksidan. Manfaat yang dapat di diperoleh adalah kesehatan mata, penyembuhan luka, melancarkan aliran darah, untuk kesehatan ibu hamil, meningkatkan sistem syaraf, menyehatkan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel – sel baru dalam tubuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Cara membuat Macaroni Carbonara Lezat

Nah, jika anda ngin membuat kuliner ini sendiri, anda sangat mungkin membuatnya, karena bahan dan cara membuatnya simple dan mudah. Berikut ini cara membuat lek tau suan. Ayo simak resep dibawah ini :

Bahan yang di siapkan :

  • 200 gram kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya cuci hingga bersih lalu rendam sampai semalaman
  • Gula pasir sesuai selera
  • 3 sendok mkan maizena, jika kurang kental bias ditambahkan lagi
  • Daun pandan
  • 2 L air

Cara membuat lek tau suan :

  • Pertama, kukus kacang hijau kupas hingga teksturnya empuk. (Kurang lebih 10 sampai 15 menit)
  • Setelah itu masak air, masukkan daun pandan, dan gula sampai harum. Dalam mangkuk, larutkan maizena dengan air (gunakan api kecil)
  • Lalu masukkan larutan maizena, aduk – aduk hingga mengental
  • Selanjutnya masukkan kacang hijau kupas yang sudah dikukus. Aduk lagi hingga rata.
  • Setelah selesai sajikan dengan potongan cakwe diatasnya.

Baca juga : Cara Membuat Sushi Pizza Dengan Mudah

Bahan membuat cakwe :

  • 500 gram tepung terigu cakra kembar
  • 2 gram baking soda
  • 2,5 gram baking powder
  • 5 gram maizena
  • 1 butir telur
  • 2,5 fermipan
  • 300 gr air
  • 1 gr lada bubuk
  • 12,5 gram gula pasir
  • 12.5 gram garam
  • 10 gram bawang putih

Cara membuat cakwe

  • Pertama, aduk semua bahan jadi satu dan uleni sampai kalis
  • Selanjutnya diamkan adona kurang lebih sampai 10 menit
  • Setelah didiamkan, roll adonan sampai ketebalan kurang lebih 4 mm. Kemudian potong dengan ukuran 3 x 10 cm
  • Sesudah itu susun di Loyang dan diamkan kurang lebih 1,5 jam
  • Kemudian tumpuk dua adonan, pencet pada bagian tengahnya dengan sumpit atau pisau
  • Setelah itu goreng dengan minyak hingga warnanya kecokelatan.

Baca juga : Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali

Demikianlan cara membuat lek tau suan dengan simple dan mudah, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#dirumahaja Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Yang Menghasilkan Uang

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Yang Menghasilkan Uang. PandemiCovid19. Kini masih menambah jumlah korban. Beberapa upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah atau memutuskan mata rantai penyebaran covid19 ini. Untuk mencegah penyebaran, virus ini salah satu himbauan pemerintah untuk melakukan aktivitas #dirumahaja. Nah, selama #dirumahaja, kamu bisa melakukan hal - hal yang kreatif untuk menghasilkan uang tambahan. Apa saja idenya? dengan cara membuat beberapa barang dari kain flanel yang tidak begitu banyak mengeluarkan banyak modal. Kamu bisa menjualnya dengan cara membuka toko di lazada, shopee, bukalapak atau bisa juga kamu mempromosikannya di sosial media yang kamu miliki. Kain flanel adalah salah satu kain yang paling sering digunakan untuk membuat boneka atau sekedar membuat kerajinan tangan. Kain flanel banyak digunakan sebagai kerajinan tangan karena harganya relatif murah dan sangat mudah di bentuk.  Kerajinan dari kain flanel ini sudah tidak asing lagi. Bahkan,

Cara Membuat Kebab Turki

Resep dan Cara Membuat Kebab Turki Cara membuat kebab Turki - Diulas dari wikipedia.org kebab adalah penganan cepat saji terdiri atas daging sapi yang dipanggang seperti sate kemudian diiris-iris ditambah dengan sayuran segar dan mayones, lalu dibalut dengan kulit tortila. Di balik rasa lezat dan nikmat kebab, bahan-bahan yang terdapat dalam kebab juga membuat makanan yang satu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Isian yang terdapat pada kebab biasanya terdiri dari irisan daging sapi, ayam, atau daging lainnya, sayuran seperti tomat, bawang bombay, selada, dan saus. Selain itu, kebab juga dipercaya memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Contohnya seperti meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, meningkatkan kinerja dan kecerdasan otak, mencegah anemia dan obesitas, dan lain sebagainya. Baca juga : Cara Membuat Kue Bolen Khas Bandung Berikut ini resep dan cara membuat kebab Turki. Ayo simak langkah cara membuatnya dibawah ini : Bahan-bahan daging kebab: 1/2 kg daging sapi, ir

Resep dan Cara Membuat Bakpia Kacang Hijau

Cara Membuat Bakpia Kacang Hijau Cara membuat bakpia kacang hijau - Dilansir dari wikipedia.org Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Baca juga : Cara Membuat Kebab Turki Dengan Mudah Lezatnya dan khasnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia bisa didapatkan di toko bakpia atau toko yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta. Bakpia ini termasuk salah satu makanan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk (Pathok), Yogyakarta sehingga dikenal dengan sebutan dengan bakpia pathuk. Mengingat masyarakat Yogyakarta mayoritas beragama Islam, pada perkembanganny